Home » » Tips Tidur Sehat :: Cara Tidur Sehat

Tips Tidur Sehat :: Cara Tidur Sehat

Written By Eco Racing on Thursday, March 7, 2013 | 9:44 AM

Buat Anda yang punya "masalah" dengan tidur Anda, berikut ini ada beberapa tips cara tidur sehat yang akan membantu mengatasi susah tidur:
hdpsehat.com
1. Disiplin. Tidur tepat waktu, usahakan untuk bangun pada waktu yang sama (meski kurang tidur sekalipun) agar jam biologis tubuh tetap. 

2. Olah raga teratur. Untuk menetralisir ketegangan fisik dan fikiran, sedikit banyak dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Waktu ideal untuk berolah raga adalah pagi, sore atau maksimum menjelang petang, minimal cukup dengan melakukan sedikit olahraga ringan. 

3. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk di cerna. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan.  

4. Suasana dan Ritual. Sebelum tidur usahakan rileks dan tidak banyak berfikir. Ciptakan suasana yang nyaman, perlu diperhatikan pula penyesuaian penerangan ruang tidur. Kelembaban dan suhu udara kamar tidur perlu dijaga. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidur. Usahakan sedemikian rupa, saat pagi datang matahari akan masuk ke kamar. Lakukan ritual yang menyenangkan, seperti mendengar musik lembut sambil membaca bacaan ringan. 

4. Kualitas Bukan Kuantitas. Jangan hanya memburu kuantitas waktu tidur, tidak masalah misalnya hanya tidur 5 jam, asalkan bisa merasa cukup segar. Lebih baik gunakan waktu untuk melaksanakan kegiatan lain jika sudah merasa cukup tidurnya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : template | game | android
Copyright © 2013. TIPS & INFORMASI KESEHATAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger